Senin, Desember 10, 2007

Back to Debian Etch/Lenny


Hari ini, gw mutusin untuk kembali menginstall debian etch ke kompi, setelah beberapa waktu bongkar pasang install distro-distro linux terutama turunan debian seperti mepis 7RC1, sidux tartaros, ubuntu feisty, mint 3, dan terakhir paldo linux (nice one I think, although not debian derivative).

Karena kernel (etch 2.6.18.5) ga bisa untuk akses baca-tulis di ntfs, maka gw putusin untuk pake kernelnya lenny aja. Jadilah ni linux debian gado-gado, kernel lenny tapi paket tetap punya etch (stabil sih). Sebetulnya alasan pake kernel-nya lenny lebih karena pengen install driver nvidia. Akhirnya aku upgrade kernel dan install juga kernel headernya yang baru. Ambil installer nya nvidia dari situsnya dan jalanin softwarenya. Jadi deh drivernya dan bisa liat logo splash-nya nvidia di awal boot x-window.

Terus kan ada repo yang buat multimedia, http://www.debian-multimedia.org dan langsung aja edit file/etc/apt/sources.list tinggal tambahin reponya. Rupanya ga sampe disitu aja, ternyata ga bisa langsung dipake. Setelah cari tau di internet by browsing and googling, akhirnya dapet cara, begini katanya:

Open editor /etc/apt/sources.list
Add the following repository address:
deb http://www.debian-multimedia.org etch main
Save the file.

Then do:
gpg --keyserver hkp://wwwkeys.eu.pgp.net --recv-keys 1F41B907
gpg --armor --export 1F41B907 | apt-key add -

Then do:
apt-get update

Then do:
apt-get install w32codecs libdvdcss2 liblame0 msttcorefonts mplayer.

Selesai deh. Bisa setel file multimedia di kompi.

Tidak ada komentar: